Era 13 Mazhab
(Ustadz Ahmad Sarwat Lc. MA)

Di masa keemasannya, kita mengenal setidaknya ada 13 mazhab besar yang tumbuh di tengah dunia Islam. Masing-masing didirikan oleh ulama terbesar di masanya, dimana derajatnya sudah sampai level mujtahid mutlak mustaqil. Dan dibuktikan dengan berdirinya madrasah-madrasah fiqhiyah terbesar dimana majelis mereka dihadiri oleh ribuan ulama dari berbagai penjuru dunia.

Mereka adalah :

1. Imam Hasan Al-Bashri (Bashrah) 21-110 H
2. Imam Abu Hanifah (Kufah) 80-150 H
3. Imam Al-Auza’i (Syam) 88-157 H
4. Imam Sufyan Ats-Tsauri (Kufah) 97-161 H
5. Imam Al-Laits bin Sa’ad (Mesir) 94-175 H
6. Imam Malik bin Anas (Madinah) 93-197 H
7. Imam Sufyan bin Uyainah (Mekkah) 107-198 H
8. Imam Asy-Syafi’i (Baghdad – Mesir) 150-204 H
9 Imam Ishaq bin Rahawaih (Naisabur) 161-238 H
10. Imam Ahmad bin Hanbal (Baghdad) 164-241 H
11. Imam Abu Tsaur (Baghdad) 170-240 H
12. Imam Daud Azh-Zhahiri (Baghdad) 255-297 H
13. Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari (Baghdad) 224-310

Seiring dengan perjalanan waktu, beberapa mazhab itu runtuh di telan zaman. Dan sebagiannya masih bertahan hingga hari ini, yaitu Mazhab Asy-Syafi’i sebagai mazhab yang paling merata di seluruh dunia dan yang paling banyak dianut umat manusia dewasa ini, sebagaimana ditulis oleh Dr. Wahbah Az-Zuhaili. Disusul mazhab Hanafi, Maliki dan terakhir mazhab Hambali.

Doktor Hasan Hitou dalam salah satu kesempatan menjelaskan kepada saya bahwa kita harus berterima kasih kepada Kerajaan Saudi Arabia yang ikut mengendors mazhab Hambali, setelah agak lama tenggelam dalam sejarah. Dan kini meski dianut oleh kalangan terbatas, namun mulai terkenal lewat berbagai media modern, cetak buku dan media televisi dan online.

Saudi membuka kampus dimana-mana bukan hanya gratis, tetapi juga memberi mukafaah (uang saku) kepada semua mahasiswa dari seluruh dunia. Maka sedikit banyak usaha ini memberikan hasil. Kini mazhab Hambali kembali ke pentas sejarah setelah agak lama redup.

Semoga Allah SWT melanggengkan amal para ulama yang telah menjadi ahli waris Rasulullah SAW dan menjaganya dari jamahan para juhala dan miskin ilmu yang tanpa sadar telah banyak merusak agama dan meruntuhkan syariah lewat bid’ah anti mazhab.

Download aplikasi Share Channel di :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sharedev.sharechannel

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *