Nabi Adam as. adalah manusia pertama sekaligus juga nabi pertama. Tidak ada masalah bila saat beliau jadi nabi, belum ada manusia.

Tapi yang jelas, kalau makna kenabian itu adalah menyampaikan wahyu dari Allah dan memimpin orang-orang untuk tunduk dan beriman kepada perintah Allah, hal itu baru berlangsung setelah Adam ada di muka bumi. Dan ternyata beliau tidak sendirian, ada satu umatnya, yaitu isterinya Hawwa. Kemudian lahir anak-anaknya yang semakin hari semakin banyak, termasuk anda salah satu keturunannya.

Kalau kita lihat sejarah nabi Muhammad SAW, beliau dilahirkan tidak langsung jadi nabi. Selama 40 tahun beliau hanya menjalani hidup sebagai manusia biasa. Barulah setelah menginjak tahun ke-40 sejak kelahirannya, turun wahyu dari langit. Dan saat itu beliau resmi diangkat menjadi nabi.

Maka demikian juga dengan nabi-nabi yang lain, termasuk Adam alaihissalam. Ketika baru pertama kali diciptakan, beliau tidak ‘ujug-ujug’ jadi nabi.Apalagi beliau tinggal pertama kali di surga. Di surga kan tidak perlu nabi. Nabi itu diperlukan kalau kita tinggal di muka bumi. Sebab tidak semua manusia bisa langsung menerima wahyu dari langit. Hanya orang tertentu saja yang menerima wahyu, dan itu adalah Adam as.

Maka tidak ada salahnya bila Adam as. menjadi nabi ketika sudah di muka bumi dan sudah punya rakyat. Dan rakyatnya adalah isteri dan anak-anaknya. Jumlah mereka awalnya hanya 2 orang, tapi kemudian lahir kembar 2 orang lagi, begitu seterusnya hingga jumlahnya sangat banyak. Padahal meski pun hanya ada satu orang saja manusia di muka bumi, dia harus punya nabi. Kalau tidak ada nabinya, bagaimana cara dia mengenal tuhannya dan bagaimana dia tahu tata cara menyembah tuhan?

Maka keberadaanAdam as. sebagai nabi mutlak harus ada. Logika dan akal sehat kita justru mendorong kita kepada kesimpulan nabi seorang nabi sangat diperlukana keberadaannya, meskipun hanya ada satu manusia di muka bumi.

Wallahu a’lam bishshawab
Ahmad Sarwat, Lc., MA

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *