Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah berkata:
.
ذكر الله الصبر في القرآن في تسعين موضعا
.
“Allah Ta’ala menyebutkan ‘sabar’ dalam Al Qur’an ada pada sembilan puluh tempat” (‘Uddatush Shābirīn, hlm. 77)
.
📌 Sabar merupakan kata yang mudah diucapkan namun terkadang sulit untuk diaplikasikan, sebab itulah sabar memiliki pahala yang sangat besar, tak terhingga dan tidak bisa dikira. Bahkan Sulaiman bin Al Qāsim sampai berkata:
.
كل عمل يعرف ثوابه إلا الصبر
.
“Semua amal perbuatan diketahui pahalanya kecuali sabar” (Ibid). Tentu karena sangking besarnya.
.
📌 Salah satu di antara banyak keistimewaan sabar adalah bahwa Allah memberikan tiga keutamaan sekaligus bagi orang-orang yang sabar, yang mana tidak diberikan kepada orang lain. Yaitu; 1. Shalawat dari Rabb mereka yang berarti ampunan, 2. rahmat-Nya dan 3. hidayah dari-Nya (lht. QS. Al Baqarah: 155-157)
.
📌 Fakta lapangan sering kita saksikan bahwa orang sabar dibalas kontan atas kebaikan mereka; berapa banyak orang sabar yang mendapatkan jodoh yang lebih baik, mendapatkan tempat tinggal yang lebih baik, mendapatkan semua hal yang lebih baik. Masyaa Allah, dahsyatnya sabar!
.
📌 Semoga Allah menjadikan kita termasuk ke dalam golongan orang yang sabar, sehingga Allah selalu bersama kita dengan kebersamaan yang khusus, kalau sudah Allah bersama kita maka apa lagi yang kita takutkan?!
.
Barakallahu Fiikum
.
Abu Abdirrahman Fitra Hudaiya NA حفظه الله

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *