Saya percaya bahwa keseimbangan akan membuat seseorsng memimpin dengan bijak. Di balik kesuksesan seorang Lelaki pasti ada sosok Perempuan, bisa Ibunya, Istrinya. Saya mendengar itu semakin yakin akan apa yang saya alami.

Yang saya garis bawahi bahwa Komunikasi itu kuncinya 3 :
1. Aman
2. Supportif.
3. Terbuka

Bu, apakah Ibu mau punya Suami yang jujur? Mau. Apakah Ibu siap kalau Suami Ibu mengatakan yang sejujurnya? Tuh Ibu mah gak jelas udah dibelain. Ini pelajaran yang lama. Ibu yang baik kalau dikejar Anjing mau gimana? Lari. Kalau Ibu dan Anjing lari cepetan mana? Tuhkan gitu bingung.

Tuh kita mah gak pernah membayangkan, bahwa begitulah Amanahnya. Baik sebelum kita tutup, jangan lupa Bersedekah. Hati-hati jangan pelit-pelit. Jangan pelit Sedekahnya.

Kalau kita ingin merubah sesuatu rumusnya 3 M, yaitu :
1. Mulai dari diri sendiri
2. Mulai dari hal yang kecil
3. Mulai saat ini.

Sebab kalau kita hanya menuntut orang berubah, maka tidak akan berubah. Kami mencoba begitu di Pesantren. Makanya kalau ingin merubah apapun, ubahlah diri sendiri. Akan ada Nikmat kalau kita merubah diri sendiri. Mulai dari yang kecil dan jangan nunggu nanti.

Rumusnya TSP, yaitu :
1. Tahan dari buang sampah sembarangan
2. Simpan sampah pada tempatnya
3. Pungut sampah adalah Sedekah

Kemudian ada lagi BRTT, yaitu :
1. Bersih
2. Rapih
3. Tertib
4. Teratur

Santri kalau pintar tapi tidak tanggungjawab, maka tidak akan naik. Sekolah 12 Tahun masih buang sampah sembarangan. Menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya itu Dzalim. Merokok itu merusak Paru-Paru diri sendiri dan orang lain, kalau mau aman dikunyah atau pakai kantung semen.

KH. Abdullah Gymnastiar

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *