Prestasi iman dan ibadah kita di dunia ini adalah kunci sukses kehidupan kita di alam kubur nanti. Kalau kita sudah meninggal, maka habislah kesempatan kita untuk taat kepadanya, habis pula pahala yang akan kita terima.

Kecuali ada jenis amal tertentu yang bisa tetap terus mengalirkan pahala, meski kita sudah di alam kubur dan amal itu sendiri sudah terputus. Misalnya, sedekah jariyah (waqaf), ilmu yang bermanfaat atau anak shalih yang mendoakan.

Atau ada doa dan permohonan ampunan dari saudara-saudara kita yang muslim, di mana memang Rasulullah SAW mensyariatkan agar kita yang masih hidup ini tidak lupa memintakan permohonan ampun buat saudara kita yang telah wafat serta mendoakan mereka.Misalnya dalam doa, shalat jenazah dan salam kepada ahli kubur saat kita berziarah ke makam.

Bukan hanya dengan doa, tetapi ibadah maliyahpun bisa berpahala dan sampai kepada mereka yang berada di alam kubur.Bahkan sebagian ulama malah mengatakan semua jenis ibadah, tidak hanya yang berupa harta, pahalanya bisa disampaikan kepada ahli kubur. Termasuk pahala bacaan Al-Quran. Silahkan baca kajian tentang ini pada konsultasi sebelumnya.

Wallahu a’lam bishshawab,

Ustadz Ahmad Sarwat, Lc., MA

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *