5 rumus yang bisa membantumu meraih kesuksesan!

1. Dream

Bermimpilah sebesar-besarnya karena manusia tanpa mimpi adalah manusia tanpa motivasi. Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu capai dalam 10 sampai 20 tahun ke depan. Tahap ini lah yang memulai perjalanan untuk meraih kesuksesan.

2. Goal

Goal berfungsi sebagai arah atau tujuan yang bisa membawamu ke arah yang lebih jelas, ke mimpi yang ingin kamu tuju. Bagaimana kamu bisa sukses kalau kamu tidak memiliki arah yang jelas? Goal harus bersifat jelas, spesifik, dan harus bisa diukur. Selalu set target dalam bekerja karena hal itu yang memacumu untuk menyelesaikan tugas. Berbeda dengan mimpi, goal biasanya cenderung berjangka waktu pendek, sekirar 5-10 tahun ke depan saja.

3. Learning

Dalam tahap meraih kesuksesan, proses belajar adalah proses yang esensial. Dengan proses belajar dan ilmu yang pas, kamu dapat memangkas waktu pencapaian goal. Orang yang memiliki ilmu yang tinggi dapat mencapai target jauh lebih cepat dari yang normal. Proses learning ini berkisar 2 sampai 3 tahun, namun ia tidak berhenti di situ saja, proses belajar dilakukan secara berkala.

4. Plan

Tahap planning merupakan tahap yang paling tidak disukai oleh banyak orang. Mengapa demikian? Karena planning untuk 1 hari bisa dilakukan berbulan-bulan sebelum hari H atau bahkan setahun sebelum hari H.

5. Action

Berbeda dengan yang lainnya, action harus dilakukan secepatnya. Ini adalah tahap terakhir dan yang paling penting. Empat tahap sebelumnya adalah tahap persiapan. Action yang terbaik adalah action yang cepat, tepat sasaran, dan efisien.

KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) 

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *